Friday, July 01, 2005

Normalisasi "Hidup yang Normal"

Kadangkala aku berpikir apakah hidup itu harus selalu normal? kalo iya... gimana sich rupa dari hidup yang normal itu. Apakah memiliki keluarga yang lengkap kemudian menyelesaikan studi dan bekerja untuk menghidupi keluarga yang baru itu bisa disebut hidup normal? atau mungkin tinggal di suatu rumah yang layak, berpakaian rapi dan makan teratur juga bisa disebut normal? ataukah mungkin memiliki gelar, prestasi dan pekerjaan yang mapan bisa juga disebut normal? Aku masih tak tahu bagaimana otak ini mengkonstruksi teori tentang "hidup normal" itu. aku seperti mencari sebutir pasir di atas pantai. banyak jawaban namun tak kuketahui mana yang kubutuhkan. apakah selamanya aku harus tetap berada di atasnya saja tanpa harus memilah-milah jawbaan itu. toh, dengan begitu aku bisa berdiri tegak dan menjalankan hidupku dengan layak. Tapi mungkin ada jawaban yang lain atas kekalutanku ini, aku tak tahu......

No comments: